StuNed

StuNed (Studeren in Nederland) adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.

stuned logo   text

If you are from a Dutch institution and wish to know more about the StuNed programme, please go to the StuNed page in English or contact us via or +62 21 5290 2172 (8AM-11AM Dutch time).

Program Beasiswa StuNed

Program StuNed merupakan bagian dari kebijakan kerja sama pembangunan pemerintah Belanda yang bertujuan untuk mendukung pencapaian "UN Millenium Development Goals" pada tahun 2015. Kerangka kerja sama bilateral dengan Indonesia tercantum dalam Multi-Annual Policy Framework 2012 - 2015 yang memiliki 5 bidang yang diprioritaskan yaitu manajemen air (water management), ketahanan pangan (food security), sektor ekonomi (economy sector), sektor judisial (judicial sector), dan hak asasi manusia (human rights).

Program StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan penguatan kapasitas institusi dalam rangka mendukung kelima bidang tersebut di atas.

Program beasiswa StuNed bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Melalui program beasiswa StuNed, para peminat individual dapat mengikuti program master dan short course di Belanda. Sementara bagi institusi dapat mengajukan proposal untuk group application.

Profil Kandidat

Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen dan motivasi kuat untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dimana dia bekerja dan memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda.  

Prioritas akan diberikan kepada calon peserta yang unggul secara akademis dan karir,  memiliki rencana studi di area-area yang berkaitan dengan kerja sama bilateral Indonesia dan Belanda (ekonomi, hak asasi manusia (HAM), ketahanan pangan, pengelolaan air, dan judisial), dan bekerja pada institusi yang berkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral kedua negara.

Untuk daftar institusi yang merupakan partner Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, bisa dilihat di sini(15.3 KB).

Pilihan Program Studi

Secara umum program studi yang terdapat di database progam studi Studyfinder dan berkaitan erat dengan fokus area Multi-Annual Policy Framework Kedutaan Besar Kerajaan  Belanda dan sektor-sektor pembangunan Indonesia dapat dipilih.

If you are a Dutch institution and wish to inquire about StuNed programme, please contact

last modified Jul 24, 2014 06:25 AM
Was this information useful?