StuNed - Master

Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie).

Deadline: 3 Maret 2020, untuk September 2020 intake

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia, berdomisili di Indonesia
    dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor

  • Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00)
    dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

  • Telah diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda
    dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

  • Diutamakan bagi pelamar dengan pengalaman kerja yang relevan (minimal 3-4 tahun), terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan. Bagi karwayan/pegawai harus mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan pernyataan resmi pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa staf tersebut diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir pendaftaran StuNed. Tidak diperuntukkan bagi pelamar dari perusahaan multinational dan NGO internasional.

  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik
    dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 90, atau IELTS minimal 6.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes.Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.

  • Pernyataan kesediaan mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
     
  • Berusia maksimal 40 tahun pada saat 31 Desember 2020.

  • Tidak sedang menempuh atau sudah memiliki gelar S2 dari dalam maupun luar negeri.

 

Pilihan Program Studi

StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. StuNed tidak berlaku untuk joint-program antar universitas, parti time study, maupun distance learning. 

StuNed Co-Funding

StuNed mendorong pelamar untuk ikut serta dalam skema co-funding untuk elemen biaya StuNed, berupa tuition fee, living cost, maupun tiket pesawat. Keikutsertaan dalam skema co-funding akan diperhitungkan dalam proses seleksi (menambah peluang untuk mendapatkan beasiswa).

Peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa juga bisa diperoleh jika anda mempunyai surat penerimaan tanpa syarat (unconditional LoA) di program studi dan institusi yang berpartisipasi di dalam skema co-funding. 

Data program studi dan institusi yang berpartisipasi akan diupdate dalam waktu dekat. 

Keikutsertaan dan informasi tentang skema co-funding yang tersedia dapat diakses melalui website stuned.nesoindonesia.or.id

Tahapan Seleksi*)

1. Administrative assesment (Maret – mid April 2020)

2. Competitive and excellence-based assessment (mid April 2020)*

3. Final Outcome (Mei 2020)

*Hanya bagi yang lulus seleksi tahap pertama dapat melanjutkan tahap seleksi ke 2

Pendaftaran beasiswa

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website stuned.nesoindonesia.or.id

Diperbaharuai terakhir 2020-01-15 09:40