Universitas Belanda terbaik di Eropa dalam dapatkan dana riset

Publication date: Aug 21, 2013 02:57 AM

Universitas di Belanda adalah yang terbaik ketiga di dunia dalam menarik dana dari perusahaan-perusahaan besar, menurut ranking baru dari grup Times Higher Education.

Menurut riset itu, universitas di Belanda telah mendapatkan USD 72,800 per peneliti dari sektor swasta, terbesar dibandingkan semua perguruan tinggi di Eropa. Belgium berada di posisi dua di Eropa dengan USD 63,700 dan Swedia ketiga dengan USD 46,100 per peneliti.

Berada di posisi teratas World Academic Summit Innovation Index adalah kekuatan Asia yaitu negara Korea Selatan (USD 97,900) dan Singapura (USD 84,500). Afrika Selatan ada di posisi empat dengan USD 64,400, setelah Belanda.

Posisi Belanda yang tinggi dalam peringkat dana riset ini mencerminkan performa baik negeri ini di ranking-ranking Times Higher Education lainnya. Walaupun Leiden University, universitas Belanda dengan ranking tertinggi, hanya berada di posisi 64, namun 12 dari 13 universitas riset Belanda masuk ke top 200. Hanya Amerika Serikat dan Inggris yang memiliki angka lebih besar.

Di lain hal, AS dan Inggris, walaupun memiliki banyak universitas di peringkat atas tabel-tabel Times Higher Education, hanya menghasilkan EUR 13,000 dan EUR 25,800 dari sektor swasta.

"Bekerja sama dengan dunia bisnis dan industri untuk menggerakan penemuan dan ide baru dari menara gading sampai ke dunia nyata dan untuk menghasilkan dampak sosial dan ekonomi yang nyata, telah menjadi salah satu fungsi terpenting perguruan tingg," ujar juru bicara Times Higher Education dalam siaran persnya.

Ranking ini telah disusun dengan cara membagi budget penelitian sektor swasta dengan jumlah peneliti, mengubah angkanya menjadi US dollar dan menyesuaikannya dengan biaya hidup lokal, menurut Financieele Dafblad.

Sumber: website University News

Diperbaharuai terakhir Aug 21, 2013 02:57 AM