Belanda Dukung Pelatihan Kepemimpinan Pemerintah Indonesia

Publication date: 2017-05-13 08:02

Belanda dan Indonesia telah bekerja sama untuk memperkuat kapasitas kelembagaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melalui proyek "Capacity Building in International Topics in Education and Studies". Proyek multiyear ini berlangsung dalam kerangka Inisiatif Belanda untuk Pengembangan Kapasitas Perguruan Tinggi (NICHE), telah membantu meningkatkan kemampuan manajemen dan kemampuan implementasi Lemhannas RI untuk menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penelitian yang sensitif gender yang sesuai dengan kebutuhan perubahan kebijakan dan pembuat kebijakan di Indonesia.

NICHE

Penyerahan plakat oleh Bapak Agus Widjojo, Gubernur Lemhannas RI untuk Kedutaan Belanda, Nuffic, dan MDF Training and Consultancy pada acara penutupan proyek NICHE di Lemhannas RI pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017

Proyek ini melibatkan banyak pemangku kepentingan termasuk Nuffic sebagai lembaga pelaksana dan MDF Training and Consultancy sebagai coordinator proyek dari Belanda.

Dalam acara penutupan proyek yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017, Agus Widjojo, Gubernur Lemhannas mengatakan "Peningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan sangat penting bagi Lemhannas agar dapat mewujudkan visinya: menjadi institusi yang berkualitas, kredibel, dan berkelas dunia dalam bidang ketahanan nasional ".

Agus Widjojo menyebutkan bebarapa capaian proyek. Ia mengatakan: "Proyek NICHE telah membantu kami dalam mengembangkan sistem manajemen mutu untuk mendapatkan ISO 9001: 2015 dan pengembangan kurikulum PPSA yang mencakup topik-topik internasional, peningkatan kemampuan teknik mengajar dan peningkatan kemampuan Bahasa Inggris para staf pengajar”.

Yang Mulia Mr. Rob Swartbol, Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia mengatakan "kami sangat senang dengan hasil yang telah dicapai proyek ini. Kita membutuhkan orang-orang cerdas yang dapat memberikan solusi terhadap isu-isu terkini di negara kita dan sekitarnya. Ia juga menyampaikan keinginannya untuk terus melanjutkan kerjasama intensif antara Indonesia dan Belanda.

Dalam tanggapannya, Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan: "Belanda menawarkan pendidikan kelas dunia dan memiliki keunggulan khusus bidang pendidikan dan pelatihan internasional bagi pejabat pemerintah. Menurut saya keunggulan tersebut telah membuat kemitraan dengan Lemhannas dalam proyek NICHE ini menjadi sangat produktif ".

 

Tentang NICHE

Inisiatif Belanda untuk Pengembangan Kapasitas Perguruan Tinggi (NICHE) adalah program kerjasama pembangunan yang didanai oleh pemerintah Belanda. Dengan meningkatkan kapasitas perguruan tinggi dan pendidikan dan pelatihan teknik dan kejuruan (TVET) yang berkelanjutan di negara-negara mitra, maka akan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

Diperbaharuai terakhir 2017-05-13 08:02