Banyak Jalan Menuju Belanda!

Publication date: 2018-01-22 03:20

Holland Scholarship Day ke 6, yang diadakan oleh Nuffic Neso Indonesia untuk memberikan informasi tentang opsi beasiswa untuk studi ke Belanda diadakan pada 20 Januari 2018, bertempat di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda. Lebih dari 1000 pengunjung terdata berkunjung untuk berburu informasi.

Begitu banyak jalan menuju ke Belanda! Ada beasiswa yang pendanaannya berasal dari Belanda, di antaranya StuNed, Orange Tulip Scholarship, dan Holland Scholarship. Dari pemerintah Indonesia juga tidak kalah banyaknya, antara lain LPDP, beasiswa dari Bappenas dan organisasi lain. 

Peserta disambut oleh direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tujil, dan turut hadir Penasehat Pendidikan Kedutaan Besar Belanda, Sarah Spronk, yang kemudian membuka secara resmi acara Holland Scholarship Day ini. Azis Nur Wahyudi, Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, yang juga hadir menyambut peserta Holland Scholarship Day kali ini.  

Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk berburu beasiswa, mengingat pelaksanaan acara ini berbarengan dengan waktu pembukaan beasiswa, seperti StuNed contohnya. StuNed merupakan beasiswa yang popular untuk warga Indonesia yang ingin studi S2 ke Belanda. Beberapa faktor yang mendukungnya antara lain: beasiswa ini terbuka untuk fresh graduate dan merupakan full scholarship. Program StuNed yang merupakan beasiswa bilateral telah berlangsung sejak tahun 2000 dan menghasilkan lebih dari 4.000 alumni dari berbagai bidang studi. Jika berhasil, penerima beasiswa akan langsung memulai kuliahnya di Belanda pada September 2018. 

StuNed juga bekerjasama dengan beberapa universitas dalam bentuk co-funding. Beberapa universitas ini turut hadir, antara lain: ISS (International Institute of Social Studies – Erasmus University of Rotterdam), IHS (Institute for Housing and Urban Development Studies – Erasmus University of Rotterdam), ITC (Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation – University of Twente), and TIAS Business School.  Co-funding meningkatkan kesempatan pelamar beasiswa untuk mendapatkan StuNed. 

Informasi tentang StuNed dapat ditemukan di http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned. 

Tentunya dengan melimpahnya opsi untuk kuliah ke Belanda, diharapkan Belanda tetap menjadi salah satu tujuan teratas bagi pelajar Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan keunggulan global. 

Diperbaharuai terakhir 2018-01-22 03:20