Akomodasi

Informasi tentang tempat tinggal saat studi di Belanda.

akomodasi mahasiswa internasional

Di Belanda, siswa biasanya tidak tinggal di kampus namun memiliki kamarnya sendiri. Belanda tidak memiliki tradisi memiliki akomodasi di dalam kampus. Sebagian besar siswa tinggal di dalam atau di dekat kota tempat universitas mereka berada.

Terdapat banyak pilihan untuk mengatur akomodasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, tapi pastikanlah bahwa Anda segera mencari kamar.

Menemukan akomodasi yang baik dan terjangkau tidak mudah di Belanda. Jika Anda mengikuti program pertukaran atau kursus internasional, sebuah kamar mungkin telah diatur untuk Anda. Pertimbangkanlah untuk segera menerimanya, atau Anda akan menyesal nantinya.

Pastikan bahwa Anda menanyakan kepada universitas apakah mereka dapat mengatur kamar untuk Anda.

Yang umumnya didapatkan

Anda mungkin harus berbagi kamar mandi, toilet, dapur, dan ruang tengah dengan siswa yang lain. Selain itu, kamar mungkin cukup kecil dibandingkan dengan tempat yang biasa Anda gunakan sebelumnya.

Di Belanda, umum jika pria dan wanita tinggal bersama di sebuah rumah. Jika Anda keberatan dengan hal ini, Anda harus memberi tahu sesegera mungkin.

Sewa dan tagihan

Rata-rata biaya kamar di Belanda bisa menghabiskan antara €300 hingga €600 sebulan.

Sebelum Anda mengambil kamar, pastikan Anda memeriksa tagihan apa saja yang dimasukkan ke dalam uang sewa, karena ini akan mempengaruhi anggaran Anda. Beberapa akomodasi memasukkan biaya gas, listrik, TV, dan internet di dalam uang sewanya, untuk biaya lain Anda harus membayarnya secara terpisah.

Sebagian besar kontrak sewa adalah untuk enam bulan atau satu tahun bila Anda terdaftar pada suatu program studi di universitas.

Dengan atau tanpa perabot?

Cari tahu apakah sebuah kamar sudah dilengkapi dengan perabot atau belum. Kualitas kamar bisa jadi sangat berbeda, dan perabot bisa berupa tempat tidur dan kursi saja hingga ruangan berfasilitas lengkap dengan sambungan internet. Jika Anda memutuskan untuk mengambil kamar tanpa perabot, Anda dapat membeli perabot murah di toko bekas di kota Anda.

Anda juga dapat melihat Marketstuff, sebuah situs web tempat siswa dapat melakukan jual beli mebel dan barang bekas lainnya seperti sepeda, peralatan rumah tangga, dan buku pelajaran.

Periksa kontrak Anda

Pastikan bahwa Anda telah membaca kontrak sewa sebelum mendandatanganinya. Ketahui apa saja yang dibolehkan untuk dilakukan di kamar Anda, misalnya, Anda mungkin tidak boleh mencat dinding kamar. Selain itu tanyakan orang yang harus dihubungi jika Anda memiliki masalah, misalnya jika saluran air mampet.

Jika Anda memiliki keluhan tentang akomodasi, bicarakan terlebih dahulu dengan orang yang bertanggung jawab secara langsung. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat bertanya pada staf perumahan atau koordinator akomodasi di universitas Anda.

Informasi lebih lanjut

Jika Anda mencari akomodasi sendiri, Anda dapat mencoba beberapa situs web berikut:

Easykamer.nl

Kamernet

DUWO

Erasmate

HousingAnywhere

SSH

last modified Dec 03, 2015 08:56 AM