Bekerja saat belajar

Semua yang perlu Anda ketahui tentang bekerja di Belanda.

Jika Anda berasal dari Uni Eropa/EEA (namun bukan dari Bulgaria atau Rumania) atau dari Swiss, Anda dapat bebas bekerja tanpa ada pembatasan.

Jika Anda berasal dari Bulgaria atau Rumania, atau dari negara di luar Uni Eropa/EEA atau Swiss, ada beberapa pembatasan jika Anda ingin bekerja saat menyelesaikan studi Anda. Anda memerlukan izin dan maksimal Anda hanya dapat bekerja hingga sepuluh jam seminggu atau, bekerja penuh waktu selama musim panas pada bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Permohonan izin bekerja

Perusahaan tempat Anda bekerja harus mengajukan permohonan izin bekerja untuk Anda. Organisasi yang memutuskan izin bekerja disebut dengan UWV Werkbedrijf.

Pengecualian untuk internship atau Magang

Jika Anda belajar di sebuah lembaga pendidikan Belanda dan Anda harus melakukan internship atau magang sebagai bagian dari program studi, Anda tidak membutuhkan izin bekerja. Lembaga pendidikan yang menampung Anda serta perusahaan yang mempekerjakan Anda harus menandatangani perjanjian internship atau magang.

Unduh perjanjian internship (160,0 kB)

Asuransi kesehatan dan pekerjaan

Anda harus mengetahui bahwa segera setelah Anda bekerja, Anda berkewajiban untuk mengambil asuransi perawatan kesehatan dasar Belanda. Jika Anda tidak mengikuti persyaratan ini, Anda dapat dikenakan denda dalam jumlah besar.

Baca lebih lanjut tentang asuransi perawatan kesehatan.

Nomor jaminan sosial

BSN adalah singkatan dari Burger Service Nummer, atau ‘nomor layanan warganegara’. BSN sama dengan nomor jaminan sosial: satu nomor registrasi unik untuk setiap warganegara, yang digunakan saat berhubungan dengan setiap layanan pemerintah.

Berbagai orang mungkin akan menanyakan BSN Anda. Jika Anda bekerja, perusahaan tempat Anda bekerja perlu mengetahui BSN Anda. Perusahaan asuransi juga dapat meminta nomor BSN Anda.

Saat mendaftar ke pemerintah daerah setempat, Anda akan secara otomatis mendapatkan BSN. Balai kota setempat kemungkinan akan mengirimkan surat untuk memastikan semua data pribadi Anda telah terdaftar di dalam administrasi mereka. Surat ini juga akan menyebutkan BSN Anda.

Pajak pendapatan

Anda wajib membayar pajak untuk total pendapatan Anda setahun selama berada di Belanda. Beasiswa juga dapat dihitung sebagai pendapatan dan ditambahkan ke angka total. Untuk informasi lebih lanjut tentang pajak pendapatan, Anda dapat menanyakan kepada perusahaan tempat Anda bekerja atau secara langsung dengan Kantor Pajak Belanda.

Informasi lebih lanjut

Baca lembar fakta kami tentang siswa internasional dan pekerjaan paruh waktu (195,7 kB)

last modified Dec 03, 2015 09:57 AM