Checklist

Saat Anda memutuskan untuk studi di luar negeri, ada banyak yang harus disiapkan. Mulailah persiapan setahun di muka untuk memudahkan Anda. Checklist ini akan memberi gambaran apa dan kapan harus disiapkan. Klik salah satu poin di bawah ini untuk melihat informasi tertentu. Jika Anda punya checklist pribadi, Anda bisa melihat kotak di kanan untuk menulis catatan dan menyimpannya. Tautan yang Anda simpan juga akan terlihat di bagian kanan layar.

Klik salah satu item di bawah ini, untuk melihat informasi tertentu. Pada kotak di kanan Anda bisa menulis catatan dan menyimpannya. Tautan-tautan yang Anda simpan juga akan terlihat di bagian kanan layar.

Cari program studi

Persyaratan & pendaftaran

Jika Anda sudah menemukan program studi pilihan Anda, cari tahu persyaratan penerimaannya. Umumnya persyaratan penerimaan juga ada di Studyfinder, namun Anda tetap harus cek ke website institusi tujuan Anda.

Beasiswa

Search engine online Grantfinder menyediakan daftar beasiswa yang tersedia. Silakan hubungi Nuffic Neso Indonesia dan International Office dari perguruan tinggi Belanda tujuan Anda untuk informasi lebih lanjut tentang kesempatan beasiswa dan pembiayaan.

Visa dan izin

Cek Student Visa Wizard untuk mengetahui prosedur yang dibutuhkan dan menyiapkan semua dokumen yang diminta oleh imigrasi Belanda. Infromasi lebih lanjut tentang prosedur visa dapat dibaca di halaman Visa dan Izin Tinggal

Asuransi

Saat menyiapkan keberangkatan ke Belanda, Anda wajib memiliki asuransi yang sesuai. Tergantung dari situasi Anda, ada beberapa kemungkinan. Untuk mengetahui pilihan mana yang sesuai kebutuhan Anda, bacalah halaman Asuransi.

Akomodasi

Informasi lebih lengkap tentang akomodasi dan tautan ke website-website penting, bacalah halaman Akomodasi.

Connect!

Ada banyak cara untuk menjalin komunikasi, misalnya dengan bergabung di Facebook dan Twitter Neso Indonesia. Bisa juga dengan menghubungi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda. Anda juga bisa menonton video-video tentang studi di Belanda yang ada di Youtube dan membaca pengalamaan menarik dari para pelajar Indonesia yang sedang atau sudah studi di Belanda di Testimonial.

Optimalkan waktu Anda di Belanda

Anda sudah tiba di Belanda dan sudah membongkar koper Anda, berarti sekarang waktunya memikirkan lembaran baru kehidupan Anda. Tapi sebelum melakukan ini, ada beberapa formalitas yang perlu diurus. Jumlah berkas yang perlu diurus berbeda-beda tergantung kewarganegaraan dan durasi tinggal (kurang atau lebih dari tiga bulan).

Jika Anda tinggal kurang dari tiga bulan dan bukan warganegara EU/EEA (European Union/European Economic Area), Anda wajib lapor diri ke Aliens Police (polisi orang asing) dalam waktu tiga hari sejak kedatangan. Jika Anda tinggal lebih dari tiga bulan, Anda wajib memiliki izin tinggal (residence permit). Institusi tujuan Anda akan membantu menguruskan ini. Jika Anda ingin bekerja sambil studi, Anda harus memiliki izin bekerja.