Pengeluaran harian

Biaya apakah yang yang harus Anda keluarkan saat tiba di Belanda?

Pengeluaran harian Anda mencakup makanan, angkutan umum, buku, pakaian, dan tiket bioskop. Namun Anda juga harus memperhatikan biaya akomodasi dan asuransi. Pengalaman menunjukkan bahwa siswa yang tinggal dan belajar di Belanda menghabiskan sekitar €800 hingga €1.100 sebulan.

Akomodasi

Jika Anda memiliki pemasukan yang terbatas – dari beasiswa misalnya– Anda akan mengetahui bahwa sepertiga dari biaya ini akan dikeluarkan untuk akomodasi. Rata-rata biaya kamar di Belanda bisa menghabiskan antara €300 hingga €600 sebulan.

Biaya ini bergantung pada kota tempat Anda belajar, apa saja fasilitas sewanya, seberapa jauh dari pusat kota (centrum) dan pengaturan yang dibuat oleh lembaga pendidikan. Akomodasi di Amsterdam misalnya sedikit lebih mahal daripada kota-kota yang lebih kecil.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang akomodasi di bagian Akomodasi.

Makanan

Makanan diperkirakan menghabiskan sekitar sepertiga dari pemasukan Anda. Untungnya sebagian besar lembaga pendidikan tinggi menyediakan makanan panas dengan harga terjangkau. Banyak kota menyediakan pub (eetcafés) tempat Anda dapat memperoleh makanan yang baik dengan harga murah. Namun yang termurah adalah memasak sendiri.

Beberapa harga rata-rata diantaranya: secangkir kopi/teh di kafe: €2, roti lapis: €3, makan malam di restoran khusus untuk siswa: €10. Sebagian besar supermarket menawarkan berbagai macam merek. Anda sebaiknya membandingkan berbagai harga untuk menemukan pilihan yang termurah.

Pengeluaran lainnya

Sepertiga lainnya dari pemasukan Anda akan dibelanjakan untuk hiburan, buku, perjalanan, dan pengeluaran lainnya. Tiket bus biayanya sekitar €1.60 untuk sekali perjalanan di dalam kota. Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli kartu diskon untuk tiket kereta, yang memberi Anda diskon sebesar 40% di luar jam-jam sibuk. Kunjungi situs web kereta api Belanda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tiket bioskop biayanya sekitar €8.50, namun sebagian besar bioskop memberikan diskon bagi pelajar/mahasiswa.

Diskon pelajar/mahasiswa

Banyak bar, restoran, museum, dan bioskop menyediakan diskon untuk pelajar/mahasiswa. Sebagian besar dari tempat ini meminta bukti berupa kartu mahasiswa dari lembaga tempat Anda belajar. Anda harus memeriksa terlebih dahulu apakah diskon pelajar/mahasiswa tersedia.

Terutama untuk siswa internasional, International Student Identity Card (ISIC) dapat memberikan beberapa diskon menarik untuk perjalanan, belanja, museum, dan banyak lagi di seluruh dunia. Ketahui selengkapnya di situs web ISIC.

last modified Jan 27, 2015 05:34 AM