Get value for money

Raih gelar berkualitas dengan harga yang relatif rendah.

Biaya hidup di Belanda tidak mahal jika dibandingkan negara-negara berbahasa Inggris lainnya, serta biaya pendidikannya relatif rendah. Dengan kualitas pendidikan yang sudah terkenal dan biaya hidup yang relatif rendah di Belanda, Anda dapat memperoleh pendidikan terbaik dengan harga terjangkau.

Pendidikan di Belanda terkenal karena keunggulannya. Beberapa bidang keahlian Belanda di antaranya adalah Pengelolaan Air, Seni & Desain serta Energi Berkelanjutan (sustainable energy) .

Pada tahun 2014 ada sebelas universitas di Belanda yang masuk ke dalam 200 Perguruan Tinggi Teratas dalam Peringkat Universitas Dunia Pendidikan Tinggi Times (Times Higher Education World University Rankings)

Pengembalian investasi yang baik

Walaupun ukuran negaranya kecil, keberadaan Belanda di tingkat internasional sangat besar. Negara ini masuk ke dalam jajaran ekonomi terbesar yang ke-21 di dunia. Sebagian dari perusahaan multinasional terbesar di dunia, seperti Philips, Heineken, KLM, Shell, ING Bank, dan Unilever, adalah perusahaan Belanda.

Selain itu, kantor pusat Eropa dari beberapa perusahaan seperti Sony, Sara Lee, dan Microsoft semuanya berada di Belanda.

Gelar yang Anda peroleh dari institusi pendidikan tinggi Belanda serta pengalaman hidup di Belanda bernilai sangat tinggi. Anda dapat meningkatkan prospek karier Anda di tanah air atau pun di tempat lain dengan biaya yang relatif kecil.

Biaya pendidikan yang wajar

Jika Anda adalah pelajar yang berasal dari Uni Eropa, biaya kuliah tahunan untuk mendaftar sebuah program sarjana adalah sekitar €1.700, tergantung institusinya. Anda juga mungkin memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman biaya kuliah atau bahkan restitusi/penggantian atau hibah dari pemerintah Belanda.

Bagi pelajar Indonesia, karena berasal dari luar Uni Eropa, biaya kuliah Anda lebih tinggi, yaitu sekitar €6.000-16.000 tergantung jenjang studi, program studi dan perguruan tinggi.

Kunjungi Studyfinder, database online pencari program studi untuk mengetahui jumlah tepatnya.

Gaya hidup yang terjangkau

Dibandingkan dengan lokasi Eropa Barat lainnya, biaya hidup di Belanda relatif rendah (sumber: xpatulator.com). 

Sebagai pelajar, Anda dapat memperoleh diskon di banyak bar, restoran, museum dan bioskop. Anda dapat berkeliling kota dengan mudah menggunakan sepeda. Selain merupakan ciri khas Belanda, bersepeda juga merupakan moda transportasi yang murah. Dan jika ingin melihat bagian negara lainnya, Anda dapat bepergian ke kota atau bahkan negara Eropa lainnya dengan mudah menggunakan kereta api.

Teilhard Paradela, mahasiswa dari Filipina menjelaskan: “Kecepatan kehidupannya cepat, namun tidak membuat stres. Banyak sekali ragam kegiatan yang dapat dilakukan. Anda tidak akan pernah bosan di Belanda!”

last modified Jan 27, 2015 04:41 AM
Was this information useful?