Magang sebagai bagian dari program di Belanda

Anda bisa magang sebagai bagian dari program studi di Belanda.

Jika Anda ingin melakukan internship atau magang sebagai bagian dari program studi Anda di Belanda, Anda dapat melakukan hal ini berdasarkan visa mahasiswa/pelajar Anda.

Ini hanya berlaku jika internship atau magang ini merupakan bagian dari program yang wajib Anda lakukan dan akan memperoleh kredit ECTS.

Perjanjian internship atau magang

Pemberi internship atau magang (perusahaan tempat Anda bekerja) tidak perlu mengajukan permohonan izin kerja untuk Anda. Namun perusahaan harus dapat menunjukkan perjanjian internship atau magang kepada Inspektorat Tenaga Kerja, jika diminta.

Ada perjanjian internship atau magang standar yang berlaku dan perusahaan berkewajiban untuk menggunakan dokumen standar ini. Perjanjian internship atau magang ini harus ditandatangani oleh Anda, perusahaan yang memberikan internship atau magang, serta lembaga pendidikan Belanda di mana Anda terdaftar.

Unduh perjanjian internship atau magang dalam bahasa Inggris (158,0 kB)

Izin tinggal

Anda adalah warga di Belanda berdasarkan izin tempat tinggal untuk maksud ‘studi’. Izin tinggal ini tetap berlaku saat Anda mengikuti internship atau magang. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengajukan izin tinggal lainnya.

Perhatikan bahwa Anda hanya dibolehkan untuk melakukan internship atau magang jika Anda benar-benar memiliki izin tinggal berformat pas. Jika aplikasi izin tinggal atau perpanjangan izin tinggal Anda masih diproses, Anda tidak boleh memulai internship atau magang.

Upah Internship atau Magang

Tidak ada aturan mengenai gaji yang harus dibayarkan kepada siswa internship atau magang atau mengenai seberapa besar upah siswa internship atau magang. Ini adalah kesepakatan antara Anda dan pemberi internship atau magang saja. Jika Anda memperoleh upah berupa gaji untuk internship atau magang ini, Anda bertanggung jawab atas pajak, status jaminan sosial dan  kewajiban untuk memiliki asuransi kesehatan.

Sepanjang upah Anda hanya berupa kompensasi pengeluaran, maka upah Anda tersebut tidak akan dikenakan pajak. Pengeluaran ini termasuk, misalnya, pengeluaran perjalanan. Jika Ada bentuk pembayaran lain diberikan, pemberi internship atau magang harus memberikan kontribusi pajak dan jaminan sosial.

Jika ini terjadi, Anda harus mencabut polis asuransi perawatan kesehatan Belanda karena Anda akan dimasukkan dalam sistem jaminan sosial Belanda. Anda juga dapat mengajukan aplikasi tunjangan perawatan kesehatan.

Jika Anda tidak menerima gaji sebenarnya selama internship atau magang, Anda masih akan dilindungi oleh polis asuransi yang Anda gunakan selama program studi.

last modified Aug 20, 2015 01:10 AM
Was this information useful?