Magang sebagai bagian dari program di luar negeri

Jika Anda terdaftar dalam program studi di luar negeri, Anda dapat melakukan internship atau magang di Belanda, namun dengan peraturan tertentu.

Izin kerja

Pemberi internship atau magang (perusahaan tempat Anda bekerja) terlebih dahulu harus mengajukan permohonan izin kerja untuk Anda (Tewerkstellingsvergunning, atau TWV).

Anda tidak memerlukan TWV jika:

  • Anda adalah warganegara Uni Eropa / Komunitas Ekonomi Eropa, dengan pengecualian warganegara Bulgaria dan Rumania;
  • Anda adalah warganegara Swiss;
  • Anda bekerja dalam kerangka kerja program aksi Uni Eropa. Contohnya adalah internship atau magang Erasmus di dalam Program Lifelong Learning.

Badan yang bertanggung jawab untuk menerbitkan TWV adalah UWV WERKbedrijf. Walaupun memperoleh TWV hanya sekadar formalitas, proses aplikasi membutuhkan waktu hingga lima minggu.

Izin tinggal

Hubungi institusi Anda untuk mengetahui aturan yang berlaku yang terkait dengan visa dan izin.

Upah Internship atau Magang

Peserta internship atau magang biasanya menerima sejumlah upah tertentu. Jika Anda tinggal di Belanda kurang dari enam bulan dan 50% dari waktu Anda dihabiskan untuk internship atau magang, maka perusahaan yang menerima Anda sebagai internship atau magang dapat memberikan upah yang tidak dikenakan pajak.

Namun jika Anda tinggal selama lebih dari enam bulan, perusahaan yang mempekerjakan Anda dalam internship atau magang harus membayar pajak untuk sejumlah besar dari gaji Anda. Jika demikian, secara otomatis Anda dilindungi oleh jaminan sosial Belanda. Oleh karena itu selanjutnya Anda harus menghentikan asuransi perawatan kesehatan publik Belanda.

Anda dapat berhak menerima kompensasi atas biaya asuransi ini dalam bentuk tunjangan perawatan kesehatan.

last modified Aug 20, 2015 01:10 AM
Was this information useful?