Persyaratan penerimaan

Tanyakan ke institusi tentang syarat penerimaan suatu program studi.

Untuk diterima pada sebuah program pendidikan tinggi, Anda harus terlebih dahulu menghubungi institusi pendidikan yang menawarkan program. Mereka dapat memberi tahu persyaratan penerimaan yang berlaku untuk program yang Anda pilih.

Persyaratan utama penerimaan sebuah program sarjana adalah ijazah sekolah menengah pada tingkat yang sesuai. Tingkat ini ditetapkan oleh institusi pendidikan.

Dalam bidang jurusan tertentu yang populer, jumlah tempat dibatasi dan memiliki kuota. Selain itu ada pula program studi – dalam jurusan seni misalnya – di mana institusi pendidikan menentukan sendiri persyaratan tambahannya

Untuk diterima pada program yang memberikan gelar master, Anda sekurang-kurangnya harus memiliki gelar sarjana atau yang setara.

Jika Anda mengetahui persyaratan minimum ijazah dari institusi yang Anda pilih, Anda dapat memeriksa perbandingan ijazah Anda pada situs web Nuffic.

Persyaratan bahasa

Anda diharapkan untuk dapat berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Anda harus lulus tes bahasa Inggris. IELTS dan TOEFL umumnya diterima, namun institusi pendidikan juga dapat menerima hasil tes lainnya.

Skor yang diperlukan untuk studi S1 sekurang-kurangnya 550 (paper-based) atau 213 (computer-based) atau 79/80 (internet-based) untuk TOEFL. Untuk studi S1 IELTS skor yang diperlukan sekurang-kurangnya adalah 6. Untuk studi S2 skor minimal yang dibutuhkan umumnya 90 (iBT) atau 6.5 (IELTS). Harap diperhatikan bahwa ada program-program studi tertentu yang membutuhkan skor lebih tinggi.

Anda dapat menemukan persyaratan bahasa untuk setiap program dalam database program studi internasional Studyfinder.

Tahun persiapan

Terkadang Anda belum memenuhi syarat untuk masuk dalam program yang Anda pilih, namun dengan sedikit persiapan tambahan, Anda dapat memenuhinya.

Institusi pendidikan tinggi Belanda pilihan Anda dapat memberi Anda surat penerimaan bersyarat. Undang-undang imigrasi Belanda selanjutnya mengizinkan Anda untuk datang ke Belanda selama maksimum satu tahun sebelum studi Anda untuk mengikuti kursus persiapan dan lulus ujian yang ditetapkan oleh institusi pendidikan tersebut.

Setelah Anda lulus ujian, surat penerimaan bersyarat akan diubah menjadi surat penerimaan tetap. Lembar fakta 'Tahun persiapan sebelum diterima di universitas Belanda' memberi Anda semua informasi mengenai topik ini.

Unduh lembar fakta mengenai tahun persiapan (193,6 kB)

last modified Sep 08, 2015 03:06 AM
Was this information useful?