Sistem penilaian di Belanda

Penjelasan sistem nilai di Belanda.

Anda akan mengetahui bahwa sistem penilaian di Belanda berbeda dengan sistem penilaian Anda.

Saat Anda datang ke Belanda untuk belajar, Anda pasti berharap bahwa banyak hal yang berbeda dengan negara asal Anda: misalnya iklim, gaya hidup, lalu lintas, makanan, pakaian dan agama. Sistem penilaian juga tidak sama dengan apa yang biasa Anda jumpai.

Untuk membantu memahami sistem penilaian di Belanda, kami telah menyediakan penjelasan singkat di bawah ini.  

Sistem penilaian sepuluh poin

Ada banyak sistem penilaian berbeda di seluruh dunia, misalnya (dari nilai terendah hingga tertinggi) 1 hingga 5, 1 hingga 10, 1 hingga 20, 1 hingga 100, 5 hingga 1, F hingga A. Di Belanda sistem sepuluh poin digunakan dalam pendidikan menengah dan tinggi. Nilai 10 adalah nilai tertinggi dan 6 adalah nilai minimum kelulusan.

NilaiArti
10 Luar biasa*
9 Sangat baik*
8 Baik
7 Lebih dari memuaskan
6 Memuaskan
5 Hampir memuaskan
4 Tidak memuaskan
3 Sangat tidak memuaskan*
2 Buruk*
1* Sangat buruk*

 * Nilai 1-3 hampir tidak pernah diberikan dan nilai 9 dan 10 sangat jarang.

Perbandingan sistem penilaian

Beberapa negara menggunakan sistem penilaian yang tampak mirip dengan yang digunakan di Belanda. Salah satu contohnya adalah sistem 1-100. Namun demikian, akan tidak akurat jika membandingkan nilai 90-100 dengan sistem nilai 10 seperti dalam sistem Belanda, atau 80-90 dengan 9, dan seterusnya.

Angka 80 di China, misalnya, tidak dianggap sebagai nilai yang baik karena sebagian besar nilai dalam pendidikan tinggi di China ada di antara 80 dan 100. Namun di Belanda, angka 8 adalah angka yang baik karena sebagian besar angka di antara 6 dan 8, hanya siswa yang luar biasa saja yang mendapatkan nilai di atas 8. 

Baca lembar fakta kami tentang Sistem penilaian di Belanda, AS, dan Inggris (199,6 kB).

last modified Aug 20, 2015 01:09 AM