Bahasa Belanda

Walaupun banyak orang Belanda mahir berbahasa Inggris, Anda dapat belajar bahasa Belanda sebagai bagian dari pengalaman Studi Anda di Belanda.

Dapat memahami dan berbicara bahasa Belanda membuat aktivitas sehari-hari seperti berbelanja kebutuhan sehari-hari, mengunjungi restoran atau mengikuti berita menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, kemampuan berbahasa Belanda akan mempermudah saat harus berhubungan dan berteman dengan warga Belanda lainnya.

Bahkan jika Anda memulai karier di sebuah perusahaan internasional di negara lain, memiliki keterampilan bahasa asing akan selalu bermanfaat.

Tentang bahasa Belanda

Belanda adalah bahasa Germanic Barat yang erat terkait dengan bahasa Jerman dan banyak memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris. Bahasa ini dipakai oleh lebih dari 22 juta orang di seluruh dunia.

Bahasa Belanda adalah bahasa resmi di Belanda, Belgia, Suriname, Aruba, Curaçao, dan Sint Maarten. Selain itu, bahasa ini terkait erat dengan bahasa Afrikaans (digunakan di Afrika Selatan) dan di Indonesia di mana beberapa warga yang berusia lanjut masih berbicara dalam bahasa Belanda. Lihat peta area bahasa Belanda

Kata-kata serapan

Tanpa Anda sadari, Anda mungkin sudah mengenal beberapa kata dalam kamus bahasa Belanda. Ada sekitar 17.560 kata dalam bahasa Belanda yang telah diserap oleh bahasa lain.

Riset menunjukkan bahwa kata-kata bak (tempat sampah), pen (pena), pomp (pompa), kraan (keran), dan gas (gas), adalah kata-kata yang paling banyak diserap oleh bahasa lain. Kata bahas Belanda baas (bos), dapat dirunut kembali dalam 57 bahasa yang tersebar di seluruh benua dan karena itu merupakan kata dalam bahasa Belanda yang paling banyak diadopsi (Sumber: Dutch News). 

Pengucapan dan kosa kata

Akan butuh waktu lama sebelum dapat mengucapkan ‘sch’, ‘r’, ‘ui’ dan ‘eu’, serta ‘g’ parau, namun mempelajarinya akan sangat menyenangkan!

Jika Anda belajar bahasa Belanda, bersiap-siaplah untuk belajar kosa kata karena Belanda telah menerbitkan kamus terbesar di dunia. Pembuatan kamus yang memasukkan kata-kata Belanda selama periode antara tahun 1500 dan 1976 menghabiskan waktu 150 tahun. Sebagian dari 1,7 juta kutipan dan sekitar 50 juta kata digunakan untuk menggambarkan arti dari kata-kata ini. Semuanya ini merupakan rekor dunia.

Informasi lebih lanjut

Ketahui tempat mempelajari bahasa Belanda di halaman kami tentang kursus. Atau hadapi tantangan dan mulailah mempelajari beberapa kata!

Untuk informasi lebih lanjut tentang bahasa Belanda, Anda dapat mengunjungi situs web berikut:

Taalunieversum (dalam bahasa Belanda)

Dutchlanguage.info

last modified Mar 19, 2013 02:37 AM
Was this information useful?