Bisnis dan politik

Belanda adalah monarki konstitusional dengan ekonomi terbuka.

Fakta utama

Nama resmiKerajaan Belanda
Bentuk pemerintahan monarki konstitusional dengan parlemen bikameral
Kepala negara monarki keturunan (saat ini Raja Willem-Alexander)
Kepala pemerintahan perdana menteri (saat ini Mark Rutte)
Ibukota Amsterdam
Ibukota pemerintahan The Hague

 

Selama berabad-abad, perdagangan internasional telah menjadi elemen penting bagi sistem ekonomi Belanda. Karena lokasinya di muara sungai yang menjadi ujung beberapa sungai besar di Eropa ke Laut Utara, Belanda memiliki lokasi yang ideal untuk menjadi pusat perdagangan dan transportasi untuk semua Eropa Barat.

Abad ke-17 dikenal sebagai Era Keemasan sejarah Belanda di mana kapal-kapal Belanda mengangkut 90% barang-barang di seluruh Eropa. Dewasa ini, perdagangan internasional masih menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi. Belanda merupakan ekonomi ke-16 terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari sepuluh negara pengekspor terbesar.

Mitra perdagangan utama Belanda adalah negara tetangganya Jerman, Belgia, Inggris, dan Prancis.

Jasa, pertanian, dan desain

Dewasa ini, lebih dari aktivitas ekonomi Belanda 80% diantaranya adalah berbasis jasa.

Namun Belanda juga merupakan salah satu dari tiga pengekspor produk pertanian terbesar di dunia. Seperlima dari seluruh ekspor Belanda berbentuk produk makanan dan bunga.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, desain dari Belanda menjadi semakin terkenal di seluruh dunia. Dari fashion dan arsitektur hingga musik dan media baru, sektor desain penuh dengan berbagai jenis bakat.

Politik

Kerajaan Belanda adalah monarki konstitusional dengan parlemen bikameral/dua kamar. Semua warganegara dewasa memiliki hak untuk memberikan suaranya secara langsung dalam sebuah sistem perwakilan proporsional.

Dalam sistem ini sejumlah besar partai dapat memenangkan kursi di parlemen, yang berarti tidak ada satu partai tunggal yang memiliki mayoritas penuh. Karena itulah kabinet selalu terdiri dari berbagai jenis partai dan diketuai oleh perdana menteri.

Kewajiban kabinet adalah menjalankan urusan pemerintah sehari-hari, menyiapkan dan menerapkan legislasi serta, mempertahankan hubungan internasional. Monarki melambangkan persatuan nasional dan karena itu lebih bersifat seremonial.

Ada tiga kecenderungan politik moderat utama: sosial demokrat, demokrat Kristen, dan partai liberal. Partai-partai yang lebih kecil pada umumnya merupakan variasi yang tidak begitu moderat dari tiga partai utama ini.

last modified Oct 02, 2015 04:14 AM
Was this information useful?