Geografi

Letak Belanda di benua Eropa sangat strategis.

windmill blue sky - text

Luas wilayah41.528 kilometer persegi, sepertiganya terletak di bawah tinggi permukaan laut
Jarak terjauh utara ke selatan 300 kilometer
Jarak terjauh timur ke barat 200 kilometer
Ketinggian terendah 6,76 meter di bawah permukaan air laut (di dekat Rotterdam)
Ketinggian tertinggi 323 meter (dekat Maastricht)
Iklim Iklim maritim sedang

 

Belanda terletak di persimpangan bertemunya budaya Jerman, Inggris, dan Perancis. Negara ini terletak di sebelah barat Eropa dan berbatasan dengan Jerman di timur, Belgia di selatan, dan Laut Utara di sebelah utara dan barat.

Dari Belanda, banyak kota besar di Eropa dapat dijangkau dengan mudah. Brussels dapat dijangkau dalam dua jam dengan kereta api, dan penerbangan singkat dari Amsterdam akan membawa Anda ke London, Madrid, atau Berlin.

Wilayah Belanda yang kecil yang hanya memiliki wilayah seluas 41.000 kilometer persegi merupakan tempat tinggal bagi 16 juta orang.

Lanskap

Yang Anda perhatikan saat pertama kali tiba di Belanda adalah lanskapnya. Negara ini benar-benar rata. Walaupun ada daerah yang berbukit-bukit di sebelah tenggara negara ini, namun Anda masih melihat pemandangan yang rata selama bermil-mil. Hamparan pemandangan yang luas dengan bentangan langit tak terputus merupakan ciri khas dari lanskap di Belanda.

Ciri khas lainnya adalah air yang ada di mana-mana, dalam bentuk danau, sungai, dan kanal.

Air dan angin

Belanda terletak pada muara sungai yang rata dan rendah dan seperempat tanahnya berada di bawah permukaan air. Karena lokasinya, Belanda memiliki pengetahuan khusus dalam pengelolaan air. Beberapa perusahaan Belanda yang terlibat dalam konservasi air dan proyek reklamasi di seluruh dunia.

Pada abad ke-17, angin merupakan sumber energi terpenting. Kincir angin tidak hanya digunakan untuk memompa air dari lahan agar tetap kering. Namun kincir juga digunakan untuk menggiling gandum, untuk menggerakkan gergaji yang digunakan untuk memotong kayu untuk pembuatan kapal, dan menggerakkan martil penempa tembaga. Beberapa penggilingan bahkan digunakan untuk membuat cat.

Hingga saat ini kurang dari 1.000 kincir angin masih tetap bertahan dan dirawat dengan penuh perhatian sebagai bagian dari warisan Belanda.

last modified Feb 13, 2015 01:46 AM