Tentang Belanda

Mempelajari budaya dan masyarakat Belanda akan membantu Anda mengenal negara dan penduduknya.

“Dunia di luar adalah sebuah tempat yang besar”, ujar warga Belanda yang menyadari betapa kecilnya negara mereka. Walaupun ukurannya kecil, Belanda memiliki tradisi budaya yang kaya.

Belanda atau Netherlands?

Kerajaan Netherlands terdiri dari negara Belanda sendiri dan enam kepulauan Aruba dan Netherlands Antilles di Laut Karibia. Nama resmi negara ini adalah Nederland yang berarti 'negara yang berada di tanah rendah', karena sebagian besar tanahnya berada atau di bawah ketinggian permukaan air.

Dewasa ini, Belanda juga dikenal dengan 'Holland', nama yang merujuk pada dua provinsi yang terletak di pesisir barat, Holland Utara dan Selatan yang merupakan bagian paling berkembang dan terkaya selama abad ke-17.

Masyarakat

Selama beberapa dekade, ikatan sejarah negara ini dengan bagian-bagian lainnya di dunia telah membawa banyak warga asing yang menetap di Belanda membawa beberapa ide dan budaya mereka sendiri. Ini membuat Belanda secara umum menjadi bangsa yang berpikiran terbuka dan toleran. Masyarakat Belanda kini menjadi tempat asal bagi lebih dari 190 bangsa yang berbeda.

Walaupun Belanda menjadi bahasa nasional, sebagian besar orang juga berbicara bahasa Inggris dan seringkali bahasa asing lainnya seperti Jerman atau Prancis.

Karakteristik lain dari orang Belanda adalah keterbukaan dan perilaku lugasnya. Anda dapat berbicara apa adanya, orang Belanda tidak mudah tersinggung.

Pariwisata

Ada banyak tempat yang bisa dilihat di Belanda, entah dengan berjalan kaki menyusuri kota, melakukan perjalanan dengan perahu di kanal atau danau, bersantai di pantai atau berjalan melalui hutan serta bukit pasir.

Banyak bintang musik internasional besar secara rutin melakukan pertunjukan di stadion dan tempat-tempat lebih kecil di Belanda. Pertunjukan musikal dan teater juga sangat populer dan Belanda memiliki lebih dari 1.000 museum yang dapat dijelajahi.

Dan jangan kaget jika banyak orang memakai baju warna oranye dan berpesta di jalan pada Queen’s Day atau selama kejuaraan sepakbola internasional.

Makanan

Orang Belanda tidak memiliki budaya adiboga, dan makanan panas hanya dibatasi sekali sehari, biasanya di sore hari.
Sarapan pada umumnya disediakan dalam bentuk roti dengan keju, daging iris dingin dan/atau selai. Kebanyakan orang makan roti isi untuk makan siang, terkadang dengan sup atau salad. Makan malam biasanya merupakan paduan kentang dan sayur dengan daging atau ikan.

Namun demikian, cita rasa Belanda telah menjadi lebih internasional dan disempurnakan. Anda akan menemukan berbagai jenis variasi produk di supermarket dan banyak restoran menawarkan berbagai jenis masakan internasional.

last modified Aug 20, 2015 01:18 AM
Was this information useful?