Program Beasiswa StuNed

Program beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) merupakan kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang bertujuan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing global.

Pendaftaran program beasiswa StuNed 2021 telah dibuka!

Sekilas tentang StuNed

StuNed, Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. 

Alumni penerima beasiswa StuNed sangat beragam, baik dari sisi daerah asal, latar belakang pendidikan dan profesi. Selama kurang lebih 20 tahun, StuNed telah menghasilkan lebih dari 4.700 alumni yang tersebar dari modalitas beasiswa individu (program Strata 2 dan kursus singkat), tailor-made training (TMT), serta refresher course (program terakhir di tahun 2012).

Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris (program studi internasional) oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda.

Program StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia, yang memberikan prioritas pada bidang-bidang berikut:

  • Kewirausahaan Berkelanjutan - Ekonomi Sirkular (Sustainable Entepreneurship - Circular Economy)
  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  • Pengelolaan Air (Water Management)


StuNed menitikberatkan pada pengembangan kapasitas individu dan institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut dan memperkuat hubungan bilateral Belanda dan Indonesia.

Modalitas

Dalam mencapai tujuan tersebut, program beasiswa StuNed saat ini memiliki dua instrumen:

1.      Beasiswa Individu untuk Program Strata 2 (S2)

StuNed memberikan kesempatan bagi profesional muda Indonesia dan para lulusan baru untuk menempuh studi S2 yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan untuk memperoleh gelar Master dari Belanda dengan akreditasi dari NVAO (Nederlandse – Vlaamse Acreditatie Organisatie).

2.      Tailor-Made Training (TMT)

Program Tailor-Made Training (TMT) yang merupakan salah satu modalitas Beasiswa StuNed bertujuan memfasilitasi kebutuhan secara spesifik dari berbagai organisasi di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan melalui kegiatan pelatihan.

last modified Feb 18, 2021 11:03 AM