Kunjungan Vice Minister of Agriculture, Nature, and Food Quality of the Kingdom of The Netherlands, Mr. Jan Kees Goet ke Institut Pertanian Bogor (IPB)

Publication date: 2020-03-12 05:30

Dalam rangka kunjungan kenegaraan dan misi ekonomi dari Belanda ke Indonesia, Wakil Menteri Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan Belanda, Jan-Kees Goet, berkunjung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) pada hari Rabu, 11 Maret 2020. Berikut ini adalah rangkuman agenda kunjungan.

Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, menyambut kedatangan Wakil Menteri Pertanian, Alam dan Kualitas Pangan Belanda di Agribusiness Technology Park (ATP). Setelah rombongan dari Belanda dijamu makan siang di area terbuka, Rektor IPB mengajak rombongan untuk tur singkat ATP mengunjungi kebun jambu, rumah kaca, dan area pengemasan. Pada kesempatan ini Wakil Menteri juga melakukan dialog singkat dengan para petani di ATP.

 

Setelah kunjungan ATP, kegiatan dilanjutkan di halaman Gedung Common Class Room (CCR) IPB. Pada sesi ini,  Wakil Menteri Goet diperkenalkan pada komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) yang diinisiasi oleh alumni IPB. Komunitas GTP ini selalu rutin mengadakan penanaman pohon bersama masyarakat kota Bogor. Terinspirasi dari aktivitas komunitas GTP, Holland Alumni Network di Indonesia mengambil kesempatan ini untuk mendeklarasikan gerakan #1NLAlumni1Tree. Pada kesempatan ini alumni Belanda menyumbangkan 30 pohon untuk ditanam bersama dengan komunitas GTP, dan penanaman pohon pertamanya akan dilakukan oleh Wakil Menteri Pertanian Belanda dan Rektor IPB. Wakil Menteri Pertanian Belanda memberikan apresisasi yang positif terhadap kegiatan yang telah dilakukan oleh komunitas GTP dan didukung oleh alumni Belanda di Indonesia. Hal ini merupakan aset penting dalam meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belanda. Kegiatan menanam pohon bertujuan untuk lingkungan, iklim, ekonomi, dan bahkan kesehatan.  Gerakan #1NLAlumni1Tree ke depannya diharapkan dapat memberikan 16.000 pohon lebih yang dapat ditanam, mengingat jumlah alumni Belanda di Indonesia terus berkembang, minimal bertambah 500 orang setiap tahunnya. Ketua GTP mengungkapkan, semoga inisiatif gerakan #1NLAlumni1Tree dari alumni Belanda di Indonesia ini dapat diikuti juga oleh jaringan alumni Belanda di seluruh dunia.


Setelah melakukan penanaman pohon,  Wakil Menteri Goet tampil sebagai pembicara tamu dalam talk show yang terinspirasi oleh acara TV di Belanda, College Tour. Rektor IPB yang bertindak sebagai moderator dalam acara ini mengangkat tema 'Circular Agriculture'. Wakil Menteri menguraikan perkembangan penting dalam sektor di Belanda dan bagaimana Belanda berkontribusi dalam ketahanan pangan di dunia dengan membagikan visi Kementerian Pertanian, Alam, dan Kualitas Pangan di Belanda. Sekitar 300 mahasiswa IPB terlibat aktif dalam memberikan berbagai pertanyaan pada talk show yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.


PT. Ewindo juga turut mendukung kegiatan hari ini dengan membagikan 300 bungkus bibit bagi mahasiswa. Dan keesokan harinya (Kamis, 12 Maret 2020), Wakil Menteri Pertanian Belanda akan melanjutkan perjalanannya dengan mengunjungi PT. Ewindo, untuk menerima majalah dengan judul 'Green Education to Strengthen Human Capital'. Majalah tersebut menyajikan wawasan tentang pencapaian terbaru dan peluang untuk kerjasama Indonesia-Belanda dalam pendidikan kejuruan di bidang pertanian capaian terbaru dan peluang untuk kerjasama Indonesia-Belanda dalam pendidikan kejuruan di bidang pertanian.

Diperbaharuai terakhir 2020-03-23 04:11